Selasa, 08 Desember 2009

Analisis Kasus

Dari contoh kasus dibawah kita bisa menganalisis pidato tersebut dengan beberapa model komunikasi. Namun, dari model - model komunikasi yang ada, saya akan menggunakan model Tubbs

Pesan dalam model ini dapat berupa pesan verbal, juga non verbal, bisa disengaja ataupun tidak disengaja. Salurannya adalah alat indera, terutama pendengaran, penglihatan dan perabaan.

Kemudian, gangguan dalam model ini ada 2, gangguan teknis dan gangguan semantik. Gangguan teknis adalah faktor yang menyebabkan si penerima merasakan suatu perubahan dalam informasi atau rangsangan yang tiba, misalnya kegaduhan. Ganguan semiatik adalah pemberian makna yang berbeda atas lambang yang disampaikan pengirim.

Pada kasus pidato presiden ini kita dapat melihat bahwa pada saat presiden berpidato tidak ada gangguan teknis, karena presiden berpidato menggunakan siaran televisi dan tidak ada massa yang dapat menyebabkan gangguan teknis. Pada contoh kasus ini yang terjadi adalah gangguan semantik, sehingga terjadi berbagai macam makna dari pidato presiden tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar